Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Talking Stick Pada Siswa Kelas V SDN 24 Parupuk Tabing Kota Padang

Sari, Fermini Wulan (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Talking Stick Pada Siswa Kelas V SDN 24 Parupuk Tabing Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FERMINI_WULAN_SARI_56728_1889_2016.pdf] Text
final_B1_6_FERMINI_WULAN_SARI_56728_1889_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang belum disajikan dengan cara yang menarik, menantang minat siswa, serta kurang dapat menggunakan model yang tepat sehingga siswa menjadi kurang aktif, tidak berani mengeluarkan pendapatnya, dan standar ketuntasan dalam pembelajaran IPS yang diharapkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model Talking Stick di kelas V SDN 24 Parupuk Tabing Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan prosedur dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dimana siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan.siswa yang diambil sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 24 Parupuk Tabing Kota Padang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes dan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata terhadap penilaian RPP. Siklus I 73,22% dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 92,86% dengan kualifikasi sangat baik. Pada pelaksanaan siklus I aspek guru memperoleh persentase 75% dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 87,50% dengan kualifikasi sangat baik. Pada aspek siswa siklus I memperoleh persentase 70,32% dengan kualifikasi cukup meningkat pada siklus II menjadi 87,50% dengan kualifikasi sangat baik. Nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I adalah 69,65 dan siklus II 84,62. Dengan demikian, model Talking Stick dapat meningkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 24 Parupuk Tabing Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, pembelajaran IPS, model Talking Stick, kelas V
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:20
Last Modified: 31 Jul 2025 08:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19290

Actions (login required)

View Item
View Item