Melani, Ferliza (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) Di Kelas V SDN 03 Piobang Kecamatan Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FERLIZA_MELANI_54269_5932_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_FERLIZA_MELANI_54269_5932_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FERLIZA_MELANI_54269_5932_2014.pdf
Download (923kB)
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peniliti di SDN 03 Piobang Kecamatan Payakumbuh ditemui permasalahan bahwa proses pembelajaran IPA di kelas V selama ini bersifat teoritis dan masih menggunakan metode ceramah tanpa siswa tahu bagaimana pengaplikasian pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan tersebut mengakibatkan pembelajaran menjadi tidak bermakna bagi siswa dan berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM).
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 03 Piobang Kecamatan Payakumbuh. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan langkah-langkah pembelajaran pendekatan Sains Teknologi Masyarakat ( STM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Perencanaan siklus I pertemuan 1 82% (baik), siklus I pertemuan II 89% (baik) sedangkan siklus II pertemuan I meningkat menjadi 93% (sangat baik) dan siklus II pertemuan II 93% (sangat baik), b) Pelaksanaan siklus I pertemuan I aspek guru 84% (baik), siklus I pertemuan II 88% (baik) dan pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 91%(sangat baik) dan siklus II pertemuan II 94% (sangat baik). Pelaksanaan siklus I pertemuan I dari aspek siswa 81% (baik ), pada siklus I pertemuan II 84% dengan (baik), kemudian meningkat pada siklus II pertemuan I 84% (baik) dan siklus II pertemuan II 91% (sangat baik) c) Hasil belajar siswa siklus I pertemuan I rata-ratanya 76 (cukup), siklus I pertemuan II rata-ratanya 77 (cukup) dan meningkat pada siklus II pertemuan I menjadi 81 (baik) sedangkan siklus II pertemuan II 86 (baik). Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) dapat meningkat hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 03 Piobang Kecamatan Payakumbuh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, pembelajaran IPA, pendekatan STM, kelas V |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:20 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:20 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19285 |