Kurniawan, Feri (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Kontekstual di Kelas V SD Negeri 36 Alang Lawas Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FERI_KURNIAWAN_1200699_6170_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_FERI_KURNIAWAN_1200699_6170_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FERI_KURNIAWAN_1200699_6170_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA disebabkan guru belum melibatkan dan membawa siswa untuk mengaitkan pembelajaran dengan situasi dunia nyata. Rancangan pembelajaran yang dilakukan guru belum mengambarkan proses pembelajaran yang bermakna dan hasil belajar yang baik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada masing-masing siklus. Rancangan penelitian ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi dan lembar tes. Dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas V SD Negeri 36 Alang Lawas Kota Padang. Penelitian dilaksanakan pada Bulan April-Mai 2016. Hasil penelitian menggambarkan peningkatan. Peningkatan diperoleh dari perencanaan pada siklus I presentase 78 (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 91 (Sangat Baik). Pelaksanaan pembelajaran (aspek guru) pada siklus I presentase nilai 71 (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 93 (Sangat Baik). Pelaksaanan pembelajaran (aspek siswa) pada siklus I presentase nilai 66 (Cukup), meningkat pada siklus II menjadi 86 (Sangat Baik). Hasil belajar pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa yaitu 71, meningkat pada siklus II menjadi 85. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontesktual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 36 Alang lawas Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, pembelajaran IPA, pendekatan kontekstual, kelas V |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:19 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19282 |