Rahmi, Alfi (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) di Kelas V SDN 20 Tigo Suku Paninjauan Kab. Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ALFI_RAHMI_01385_1726_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_ALFI_RAHMI_01385_1726_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ALFI_RAHMI_01385_1726_2013.pdf
Download (662kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 20 Tigo Suku Paninjauan Kab. Tanah Datar bahwa dalam pembelajaran PKn masih didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Selain itu guru kurang tepat dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran, guru jarang melakukan kegiatan diskusi kelompok dan guru kurang memberikan kesempatan kapada siswa untuk mengeluarkan pendapat. Karena itu, peneliti mengambil Model Cooperative Learning tipe Group Investigation (GI) dalam pembelajaran PKn dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar PKn.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian yaitu dengan jumlah siswa 18 orang di kelas V SDN 20 Tigo Suku Paninjauan Kab. Tanah Datar.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Siklus I hasil rata-rata kognitif adalah 66,65 , dan afektif adalah 63,6. Dan pada siklus II meningkat rata-rata aspek kognitif menjadi 81,9 dan aspek afektif 80,9. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas V SDN 20 Tigo Suku Paninjauan Kab. Tanah Datar
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 06:03 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 06:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19278 |