Bunda, Ocvarinna (2012) Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Nagari Cabang Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_OCVARINNA_BUNDA_02537_3411_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_OCVARINNA_BUNDA_02537_3411_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_OCVARINNA_BUNDA_02537_3411_2012.pdf
Download (296kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kedekatan, rasa hormat dan komunikasi dua arah terhadap loyalitas nasabah tabungan Bank Nagari cabang Solok.
Jenis penelitian ini termasuk kepada penelitian deskriptif dan analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan Bank Nagari cabang Solok. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Penelitian ini menggunakan 100 orang sampel. Jenis data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang disebar kepada responden, sedangkan data sekunder yaitu data yang terkait dengan objek penelitian yang disajikan oleh pihak lain. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan program SPSS versi 16.0. Hipotesis diuji dengan uji F dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kedekatan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan Bank Nagari cabang Solok, (2) rasa hormat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan Bank Nagari cabang Solok, (3) komunikasi dua arah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan Bank Nagari cabang Solok.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka disarankan kepada PT. Bank Nagari cabang Solok untuk berusaha meningkatkan kedekatan dengan nasabah yaitu dengan meningkatkan kemampuan dalam mengenal nasabah lebih jauh serta mampu memahami kebutuhan nasabah. Berusaha untuk meningkatkan rasa hormat dengan cara menghargai nasabah. Dan berusaha untuk meningkatkan komunikasi dua arah antara nasabah dengan karyawan Bank Nagari cabang Solok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedekatan, Rasa Hormat, Komunikasi Dua Arah, Loyalitas Nasabah, Bank Nagari, Tabungan, Regresi Berganda |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HG Finance H Social Sciences > HJ Public Finance H Social Sciences > HM Sociology |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1 |
Depositing User: | Putra Albestin |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:40 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19272 |