Aldeviawati, Aldeviawati (2014) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas V SDN 16 Sungai Limau Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ALDEVIAWATI_56797_2824_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_ALDEVIAWATI_56797_2824_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ALDEVIAWATI_56797_2824_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam membaca pemahaman. Penyebabnya adalah guru dalam melaksanakan pembelajaran membaca pemahaman belum menggunakan pendekatan membaca yang efektif. Penggunaan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran membaca pemahaman merupakan salah satu alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran membaca di kelas tinggi sekolah dasar. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme di kelas V SDN 16 Sungai Limau pada tahap prabaca, saatbaca dan pascabaca.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan siswa kelas V SDN 16 Sungai Limau yang berjumlah 16 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian dilakukan dengan lima tahap yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pelaksanaan, (4) pengamatan, (5) refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi. Sumber data adalah pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme di kelas V SDN 16 Sungai Limau.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman di kelas V SDN 16 Sungai Limau dengan menggunakan pendekatan Konstruktivisme pada tahap prabaca, saatbaca dan pascabaca. Hasil pembelajaran yang diperoleh siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata siswa setiap tahap adalah (1) prabaca 62,5, (2) saatbaca 63,7, (3) pascabaca 60,9 dan hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus II adalah (1) prabaca 83,3 (2) saatbaca 88,1, (3) pascabaca 85,9.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Membaca Pemahaman, Pendekatan Konstruktivisme Pariaman |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:40 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:40 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19269 |