Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita dengan Strategi Polya pada Materi Perbandingan dan Skala menggunakan Pendekatan STAD di Kelas V SDN 06 Simpang Haru Kota Padang

Adisti Prinsa, Aldaresa (2016) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita dengan Strategi Polya pada Materi Perbandingan dan Skala menggunakan Pendekatan STAD di Kelas V SDN 06 Simpang Haru Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ALDARESTA_PRINSA_ADISTI_1205003_6013_2017.pdf] Text
final_B1_6_ALDARESTA_PRINSA_ADISTI_1205003_6013_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar perbandingan dan skala di kelas V SDN 06 Simpang Haru Kota Padang. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran dalam menyelesaikan soal guru belum mengajak siswa memahami permasalahan terlebih dahulu, guru juga kurag membimbing siswa dalam meyelesaika masalah dan guru belum menggunakan kelompok yang heterogen sehingga siswa hanya belajar dengan mendengarkan dari penjelasan guru di depan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar perbandingan dan skala dengan strategi Polya menggunakan Pendekatan STAD.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data penelitian ini hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pembelajaran perbandingan dan skala dengan strategi Polya menggunakan Pendekatan STAD di kelas V SDN 06 Simpang Haru Kota Padang. Subjek peneliti adalah guru dan siswa kelas V SDN 06 Simpang Haru Kota Padang berjumlah 20 orang.
Hasil penelitian, Pada hasil proses pembelajaran diperoleh berdasarkan pengamatan aktifitas guru dan siswa, dalam hal ini pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 68,75%(cukup) meningkat menjadi 93,94% (sangat baik) pada siklus II, dan proses pembelajaran aspek siswa 68,7%(cukup) pada siklus I meningkat menjadi 93,75 (sangat baik) pada siklus II. Hasil belajar siswa siklus I dengan nilai rata-rata pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor adalah 71,00 meningkat menjadi 87,00 pada siklus II. Dapat disimpulkan dengan strategi Polya menggunakan pendekatan STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 06 Simpang Haru Kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Strategi Polya, Materi Perbandingan dan Skala, Pendekatan STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 31 Jul 2025 05:38
Last Modified: 31 Jul 2025 05:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19264

Actions (login required)

View Item
View Item