Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas IV SDN 07 Belakang Balok, Kota Bukittinggi

Riyandi, Riyandi (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick di Kelas IV SDN 07 Belakang Balok, Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_RIYANDI_1305042_1974_2018.pdf] Text
final_B1_06_RIYANDI_1305042_1974_2018.pdf

Download (541kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS. Hal ini disebabkan Guru belum optimal dalam merancang RPP tertutama dalam kegiatan inti dan pada kegiatan pembelajaran IPS hanya berpusat pada guru (teacher centerd) menyebabkan pembelajaran kurang menarik dan siswa menjadi kurang aktif karena terbiasa menerima penyampaian materi oleh guru. Siswa hanya duduk, mencatat dan mendengarkan penyampaian materi oleh guru tanpa memahami betul materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan model Talking Stick di kelas IV SDN 07 Belakang Balok Kota Bukittinggi.
Dalam Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 07 Belakang Balok Kota Bukittinggi sebanyak 38 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Rancangan penelitian meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada :a)RPP pada siklus I pertemuan 1 83,3% (B), pertemuan 2 91,6% (SB) Siklus II 95,8% (SB) b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I pertemuan 1adalah 79% (C), pertemuan 2 91,7% (B), Siklus II 95,8% (SB) c) pelaksanaan pada aspek siswa siklus I pertemuan 1 75% (C), pertemuan 2 89,5% (B) siklus II 93,75 % (SB) d) hasil belajar siswa siklus I pertemuan 1 72 (C), siklus I pertemuan 2 77 (B) Siklus II 88 (B).Dengan demikian model Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN07Belakang Balok Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa, Pembelajaran IPS, Model Talking Stick.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 31 Jul 2025 05:38
Last Modified: 31 Jul 2025 05:38
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19263

Actions (login required)

View Item
View Item