Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat dengan Menggunakan Strategi Preview, Assess, Choose, Expedite, dan Review (PACER) di kelas V SD DR. H. Abdullah Ahmad-PGAI Kota Padang

Yanti, Eli (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Cepat dengan Menggunakan Strategi Preview, Assess, Choose, Expedite, dan Review (PACER) di kelas V SD DR. H. Abdullah Ahmad-PGAI Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ELI_YANTI_93737_1379_2012.pdf] Text
final_B1_6_ELI_YANTI_93737_1379_2012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataaan di lapangan yaitu SD DR.H. Abdullah Ahmad-PGAI Kota Padang, bahwa dalam proses pembelajaran siswa belum menggunakan teknik yang tepat dalam membaca cepat, seperti membaca kata demi kata, membaca menunjuk bahan bacaan dengan jari atau alat tulis, bibir siswa yang komat kamit, dan kebiasaan membaca dengan menggerakkan kepala, serta tidak adanya peninjauan ulang terhadap bahan bacaan setelah kegiatan membaca selesai dilaksanakan. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan strategi PACER, karena strategi PACER mempunyai langkah langkah yang sesuai dengan pembelajaran membaca cepat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran pada tahap prabaca, saatbaca, dan pascabaca dengan menggunakan strategi PACER dalam pembelajaran membaca cepat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, yang disertai observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD DR. H. Abdullah Ahmad PGAI Kota Padang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa strategi PACER dapat meningkatkan keterampilan membaca cepat, terdapat 5 langkah strategi PACER yaitu: 1) preview, 2) assess, 3) choose, 4) expedite, 5) dan review.
Hasil penilaian penelitian setelah siklus I menunjukkan ketercapaian yang diperoleh siswa pada tahap prabaca 72.2%, tahap saatbaca 69.4%, tahap pascabaca 77.8%. Oleh sebab itu penelitian dilanjutkan pada siklus II yang diperoleh siswa adalah tahap prabaca 81.9%, tahap saatbaca 83.3%, tahap pascabaca 87.5%. Persentase hasil pembelajaran siswa pada siklus I adalah 73.15% dan pada siklus II adalah 84.6%. Dari analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca cepat dapat meningkat dengan persentase peningkatan 11.5%. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas melalui strategi PACER dapat meningkatkan keterampilan membaca cepat siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Membaca cepat, strategi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 31 Jul 2025 05:37
Last Modified: 31 Jul 2025 05:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19256

Actions (login required)

View Item
View Item