Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 23 Ganting Singgalang, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar

Rahayu, Riva Sri (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 23 Ganting Singgalang, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_RIVA_SRI_RAHAYU_17129177_3304_2022.pdf] Text
final_B1_06_RIVA_SRI_RAHAYU_17129177_3304_2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah, kegiatan yang disusun guru belum sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan saat proses pembelajaran,terlihat bahwa guru menjelaskan pembelajaran dari awal sampai akhir pembelajaran serta kurangnya penggunaan media yang menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 23 Ganting Singgalang Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 23 Ganting Singgalang Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar dengan jumlah 14 orang siswa.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada a). RPP siklus I rata-rata 81,94 % dengan kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II 94,44 % dengan kualifikasi Sangat Baik (SB) ,b).Pelaksanaan pada aspek guru siklus I rata –rata 85,71 % dengan kualifikasi Baik (B) meningkat pada Siklus II 92,85% dengan kualifikasi Sangat baik (SB).Sedangkan pelaksanaan aspek siswa siklus I rata rata 80,35 % dengan kualifikasi cukup (B) meningkat pada Siklus II 92,85% dengan kualifikasi Sangat baik (SB),c). Penilain hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 75,44 dengan kualifikasi cukup (C) meningkat pada siklus II 87,02 dengan kualifikasi baik (B). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkakan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model PBL, Tematik Terpadu.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 31 Jul 2025 05:35
Last Modified: 31 Jul 2025 05:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19237

Actions (login required)

View Item
View Item