Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Aktivitas Kelas dan Laboratorium Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa

Astuti, Widya (2016) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Aktivitas Kelas dan Laboratorium Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_WIDYA_ASTUTI_1201474_3644_2016.pdf] Text
final_B1_7_WIDYA_ASTUTI_1201474_3644_2016.pdf

Download (9MB)

Abstract

Asam basa merupakan materi yang terdiri dari teori dan praktikum. Untuk memahami materi ini dibutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKS untuk aktivitas kelas dan laboratorium berbasis inkuiri terbimbing pada materi asam basa, serta mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas LKS yang dihasilkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan pendidikan atau Educational Design Research (EDR). Model pengembangan yang digunakan adalah Model Plomp. Model Plomp meliputi tiga tahapan yaitu penelitian pendahuluan (preliminary research), pembentukan prototipe (Prototyping phase) dan tahap penilaian (Assessment phase). Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan formula Kappa Cohen. Berdasarkan analisis angket validitas diperoleh tingkat kevalidan dari LKS berada pada kategori sangat tinggi dengan nilai momen kappa sebesar 0,86, tingkat kepraktisan dengan kategori sangat tinggi dengan nilai momen kappa sebesar 0,95 berdasarkan angket respon guru, dan memiliki kategori kepraktisan tinggi dengan nilai momen kappa sebesar 0,71 berdasarkan angket respon siswa pada uji coba kelompok kecil (small group), dan kategori kepraktisan yang tinggi dengan nilai momen kappa sebesar 0,76 berdasarkan angket respon siswa pada uji lapangan (field test).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa, Inkuiri terbimbing, Asam Basa, Model Plomp, Educational Desain Research
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LT Textbooks
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Zul Fikri Haikal
Date Deposited: 31 Jul 2025 05:35
Last Modified: 31 Jul 2025 05:35
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19232

Actions (login required)

View Item
View Item