Herman, Ritsa Aulia (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 16 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_RITSA_AULIA_HERMAN_17129176_5048_2021.pdf [thumbnail of final_B1_06_RITSA_AULIA_HERMAN_17129176_5048_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_RITSA_AULIA_HERMAN_17129176_5048_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran dikarenakan guru kurang memberikan rangsangan, kesempatan dan bimbingan kepada peserta didik untuk menyelidiki dan menemukan sendiri informasi yang terkait dengan materi pembelajaran, yang mengakibatkan rendahnya proses pembelajaran peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Discovery learning.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif melalui empat tahap pelaksanaan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, Data penelitian diperoleh dari hasil perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan menggunakan model Discovery Learning. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Subjek penelitian yaitu guru dan peserta didik kelas IV SD Negeri 16 Ulakan Tapakis yang berjumlah 24 orang.
Hasil penelitian menunjukkan : Penilaian RPP pada siklus I pertemuan I yaitu 75% (C), siklus I pertemuan II diperoleh 83,33% (B) dengan rata-rata 79,16% (B) meningkat pada siklus II menjadi 91,66% (SB). Penilaian aktivitas guru pada siklus I pertemuan I yaitu 75% (C), siklus I pertemuan II diperoleh 84,37% (B) dengan rata-rata 79,68 % (B) meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (SB). Penilaian aktivitas peserta didik pada siklus I pertemuan I yaitu 75% (C), pada siklus I pertemuan II diperoleh 84,37% (B) dengan rata-rata 79,68% (B), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (SB). Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa model Discovery learning dapat meningkatkan proses pembelajaran peserta didik di kelas IV SD Negeri 16 Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses pembelajaran, tematik terpadu, Discovery learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:35 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19231 |