Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kota Padang

Jaya, Eli (2016) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ELI_JAYA_1209039_5533_2016.pdf] Text
final_B1_6_ELI_JAYA_1209039_5533_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan disekolah bahwa dalam proses pembelajaran tematik terpadu yang dilaksanakan masih kurang efektif. Guru belum memadukan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa ikut aktif dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa belum dapat menemukan inti pembelajaran yang disampaikan guru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu menggunakan model discovery learning di SD Negeri 15 Ulu Gadut Kota Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan RPP, pelaksanaan dan hasil tes. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu menggunakan model discovery learning.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada perencanaan dan pelaksanaan. Pada siklus I, RPP memperoleh nilai rata-rata 78.12% kualifikasi cukup (C). Pelaksanaan aspek guru dan siswa memperoleh nilai rata-rata 77,08% dan 77,08% kualifikasi cukup (C). Pada siklus II, RPP memperoleh nilai rata-rata 93,75% kualifikasi Sangat baik (SB). Pelaksanaan aspek guru dan siswa memperoleh nilai rata-rata 93,75% dan 93,75% kualifikasi sangat baik (SB). Dengan demikian model discovery learning dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu siswa kelas IV SD Negeri 15 Ulu Gadut Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tematik terpadu, Discovery learning, Pembelajaran, Hasil belajar, PTK (Penelitian Tindakan Kelas)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 31 Jul 2025 05:34
Last Modified: 31 Jul 2025 05:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19222

Actions (login required)

View Item
View Item