Handayani, Istia (2014) Hubungan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Sosial Guru BK dengan Minat Siswa Mengikuti Layanan Konseling Perorangan di SMA N 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_ISTIA_HANDAYANI_15648_4368_2014.pdf [thumbnail of B1_5_ISTIA_HANDAYANI_15648_4368_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_ISTIA_HANDAYANI_15648_4368_2014.pdf
Download (630kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan yang ada bahwa siswa cenderung
berminat untuk mengikuti layanan konseling perorangan karena siswa merasa
guru BK memiliki kompetensi sosial terutama dalam aspek komunikasi
interpersonal yang baik. Keadaan dilapangan terlihat bahwa siswa yang berminat
mengikuti layanan konseling perorangan memiliki persepsi yang baik terhadap
kompetensi sosial guru BK, namun juga banyak terdapat siswa yang kurang
berminat untuk mengikuti layanan konseling perorangan karena persepsinya
terhadap kompetensi sosial guru BK kurang baik.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional yang
mendeskripsikan persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru BK dengan minat
siswa mengikuti layanan konseling perorangan, kemudian melihat hubungan
antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru BK dengan minat siswa
mengikuti layanan konseling perorangan di SMA N 2 Padang. Populasi penelitian
berjumlah 552 orang siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik
Proportional Random Sampling, jumlah sampel sebanyak 85 orang siswa.
Instrumen yang digunakan adalah angket. Data dianalisis dengan menggunakan
metode statistik sederhana, dan untuk melihat hubungan persepsi dengan minat
siswa data diolah dengan menggunakan program SPSS for windows release 16.0
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) persepsi siswa tentang
kompetensi sosial guru BK tergolong sangat baik, 2) minat siswa mrngikuti
layanan konseling perorangan tergolong cukup tinggi, 3) terdapat hubungan yang
signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru BK dengan minat
siswa mengikuti layanan konseling perorangan. Besarnya koefisien korelasi
adalah r 0,984 yang berada pada taraf signifikansi 0,000. Tingkat hubungan antara
persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru BK dengan minat siswa mengikuti
layanan konseling perorangan sangat kuat. Sehingga Ha yang menyatakan terdapat
hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru BK dengan minat
siswa mengikuti layanan konseling perorangan diterima. Berdasarkan hasil
penelitian disarankan agar guru BK dapat mengembangkan kompetensi sosialnya
dan mampu meningkatkan lagi minat siswa untuk mengikuti layanan konseling
perorangan
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KOMPETENSI SOSIAL GURU BK |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:33 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19212 |