Ferdian, Apriliani (2021) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV di SDN 21 Batang Anai Kab. Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FERDIAN_APRILIANI_17129327_1658_2021.pdf [thumbnail of final_B1_6_FERDIAN_APRILIANI_17129327_1658_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FERDIAN_APRILIANI_17129327_1658_2021.pdf
Download (530kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kecendrungan guru melakukan pembelajaran yang hanya menyampaikan materi-materi secara langsung dan kurang menerapkan model pembelajaran inovatif dalam pembelajaran, serta kurang optimal dalam melaksanakan pembelajaran berbasis kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning di kelas IV di SDN 21 Batang Anai.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan pelaksanaan proses pembelajaran dengan model Problem Based Learning dan hasil tindakan setelah proses pembelajaran berlangsung. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Satu siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 32 orang peserta didik kelas IV di SDN 21 Batang Anai.
Hasil penelitian dari segi perencanaan terlihat adanya peningkatan dari siklus I yaitu belum terlaksananya langkah-langkah pada RPP pada pelaksanaan pembelajaran meningkat pada siklus II setiap langkah-langkah yang ada pada RPP semuanya sudah dapat dilaksanakan pada pelaksanaan. Pada proses pembelajaran, terlihat adanya peningkatan perencanaan RPP yaitu pada siklus I yang pencapaian rata-ratanya 78,12 % dengan kategori baik (B) meningkat menjadi 96,87% pada siklus II dengan kategori sangat baik (SB), aktivitas guru dari siklus I yang pencapaian rata-ratanya adalah 87,49% dengan kategori baik (B) meningkat menjadi 96,42% dengan kategori sangat baik (SB) pada siklus II. Juga terlihat peningkatan pada aktivitas siswa dari siklus I yang pencapaian rata-ratanya adalah 87,49% dengan kategori baik (B) meningkat menjadi 96,42% dengan kategori sangat baik (SB) pada siklus II. Sedangkan dari hasil belajar siswa, pada siklus I yang pencapaian nilai rata-ratanya siklus I memperoleh nilai rata-ratanya 78,50 kategori baik, meningkat menjadi 85,59. kategori sangat baik dengan persetase ketuntasan 100% kategori sangat baik pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV di SDN 21 Batang Anai
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning, hasil belajar, pembelajaran tematik terpadu, kelas IV Faturrahman, Muhammad. 2016. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-ruzz Media. Fitria,Y. 2019. Landasan Pembelajaran Sains Terintegrasi (Terpadu) untuk Level Dasar. Padang :Sukabina Press. Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia. Indrawati, Tin. 2015.Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan Menggunakan Pendekatan Kontruktivisme di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,1,40-47. Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Kencana Kemendikbud. (2014). Materi pelatihan implementasi kurikulum 2013 tahun 2014 SD Kelas I. Jakarta: Kementrian pendidikan dan kebudayaan. Kemendikbud. (2016). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Kemendikbud. Kemendikbud. (2018). Modul Bimbingan Teknis Instruktur Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud. Machali, Imam. 2014. Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 71—94. Majid, Abdul. 2014.Pembelajaran Tematik Terpadu.Bandung:PT Remaja Rosdakarya Mustamilah. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Sub Tema Merawat Tubuhku Siswa Kelas 1 Sd Negeri 1 Gosono- Wonosegoro. Scholaria, 5, 92–102. Nadiah Wulandari dan Sjarkawi. 2011. Pengaruh Problem Based Learning Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa, 1(1), 14–24. Nasir, M., Wagino, & Pasaribu, M. (2017). Peningkatan Prestasi Dan Aktivitas Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Alat Ukur Mekanik Menggunakan Model Problem Based Learning. Journal Inovasi, Vokasional, Dan Teknologi, 17(02), 53–60. Nasrul dan Silviana. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning Di Kelas Iv Sekolah Dasar, Jurnal Inovasi Pembelajaran SD,2, 81–92. Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu. Prastowo. (2014). Kebutuhan Psikologis dengan Tematik. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1, 1-13. Purnamasari, Juita., Yunisrul & Desyandri. 2018. Peningkatan Pembelajaran Tematik dengan Pendekatan Scientific di Kelas I SDN 15 Ulu Gadut Kota Padang. Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 6, 11–24. Purwanto.2016. Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar Rusman. 2015. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Sudjana, Nana & Ibrahim. 2007. Penelitian dan Penilaian dalam Pendidikan. Bandung: C.V Sinar Baru. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Supardi. 2015. Penelitian Pendidikan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz. Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Jogyakarta: Pustaka Pelajar. Syaifuddin, M. 2017. Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. Unga Utari,dkk. 2016. Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal di SD dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Al-bidayah, Vol. 1, No. 1. Widiasworo, Erwin.2017. Strategi dan Metode Mengajar di Luar Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Yarsina, F. (2016). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Bamboo Dancing Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 1, 1–15. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pd Yunisrul. (2017). Meningkatkan Keterampilan Teknik Kolase Dengan Bahan Limbah Di Sekolah Dasar Negeri 15 Lakuang Kota Bukittinggi, 1, 44-5 |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:33 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:33 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19207 |