Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) di Kelas IV SDN 17 Kayu Aro Kota Padang

Devi, Risvila (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) di Kelas IV SDN 17 Kayu Aro Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_RISVILA_DEVI_14129128_175_2018.pdf] Text
final_B1_06_RISVILA_DEVI_14129128_175_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Hal ini disebabkan karena guru belum membuat RPP dengan baik, belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai, kurang melatih siswa menemukan sendiri jawaban dari permasalahan yang dihadapinya. Pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga siswa tidak terlatih memecahkan masalah pembelajaran. Oleh karena itu dilakukan tindakan dengan menggunakan model cooperative learning tipe group investigation (GI). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar IPS dengan model cooperative learning tipe group investigation (GI) di kelas IV SD Negeri 17 Kayu Aro Kota Padang.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 prosedur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tes. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran IPS dengan model cooperative learning tipe group investigation (GI). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 17 Kayu Aro Kota Padang yang berjumlah 22 orang.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Hal ini disebabkan karena guru belum membuat RPP dengan baik, belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai, kurang melatih siswa menemukan sendiri jawaban dari permasalahan yang dihadapinya. Pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga siswa tidak terlatih memecahkan masalah pembelajaran. Oleh karena itu dilakukan tindakan dengan menggunakan model cooperative learning tipe group investigation (GI). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar IPS dengan model cooperative learning tipe group investigation (GI) di kelas IV SD Negeri 17 Kayu Aro Kota Padang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 prosedur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tes. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran IPS dengan model cooperative learning tipe group investigation (GI). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 17 Kayu Aro Kota Padang yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I rata-rata penilaian RPP adalah 73,2% dengan kualifikasi baik meningkat pada siklus II menjadi 92,9% dengan kualifikasi sangat baik. Dari pelaksanaan, siklus I aspek guru memperoleh rata rata 72,5% dengan kualifikasi baik, siklus II memperoleh 92,5% dengan kualifikasi sangat baik. Dan aspek siswa siklus I memperoleh rata-rata 70% dengan kualifikasi baik, siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,5% dengan kualifikasi sangat baik. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 73,9 dan siklus II 83,3. Dengan demikian, model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 17 Kayu Aro Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa, Pembelajaran IPS, Cooperative Learning.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 31 Jul 2025 03:37
Last Modified: 31 Jul 2025 03:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19201

Actions (login required)

View Item
View Item