Pelaksanaan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Kegiatan Sains di Pendidikan Anak Usia Dini Islam Nibras Padang Barat

Hermalina, Widya (2014) Pelaksanaan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Dalam Kegiatan Sains di Pendidikan Anak Usia Dini Islam Nibras Padang Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_WIDYA_HERMALINA_11953_4191_2014.pdf] Text
final_B1_7_WIDYA_HERMALINA_11953_4191_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahwa dalam proses pembelajaran guru memberikan materi masih monoton hanya di dalam kelas dan memberikan materi dengan satu metode saja, yaitu metode ceramah. Guru yang lebih dominan dalam proses pembelajaran, bisa dikatakan bahwa guru lebih aktif sedangkan siswa bersikap pasif dimana anak hanya menerima informasi dari guru (Teacher Center). Disini juga terlihat bahwa guru kurang memanfaatkan fasilitas dan lingkungan belajar yang ada di luar sekolah yang dapat dijadikan sumber belajar untuk anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan pembelajaran kontekstual dalam kegiatan sains di Pendidikan Anak Usia Dini Islam Nibras Padang Barat.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Pendidikan Anak Usia Dini Islam Nibras Padang Barat. Informan/responden dalam penelitian ini adalah guru di Pendidikan Anak Usia Dini Islam Padang Barat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dideskripsikan sesuai dengan realitanya dan apa adanya. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam bentuk deskripsi yaitu berupa kata-kata, dan teknik pengabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik uraian rinci.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pendekatan pembelajaran kontekstual dalam kegiatan sains di Pendidikan Anak Usia Dini Islam Padang Barat sudah sesuai dengan perencanaan yang dibuat sebelumnya oleh guru. Dalam pelaksanaannya sudah berjalan cukup baik hal ini ditandai dengan tingkat pemahaman anak terhadap materi yang diberikan cukup baik. Hal ini tidak terlepas dari materi-materi dan metode-metode pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak, dan metode yang bervariasi yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran sehingga anak mampu berkembang dengan optimal sesuai dengan tingkat usianya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kontekstual, Metode ceramah, Teacher center, Pendekatan deskriptif kualitatif, Pendidikan Anak Usia Dini, Kegiatan sains, Metode pembelajaran bervariasi, Perkembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Zul Fikri Haikal
Date Deposited: 31 Jul 2025 03:36
Last Modified: 31 Jul 2025 03:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19195

Actions (login required)

View Item
View Item