Gusminarti, Eli (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 04 Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ELI_ERLINA_1108344_5996_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_ELI_ERLINA_1108344_5996_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ELI_ERLINA_1108344_5996_2015.pdf
Download (898kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru dan pendekatan pembelajaran yang digunakan pada umumnya bersifat konvensional sehingga proses pembelajaran kurang menarik bagi siswa dan hasil belajar yang dicapai kurang memuaskan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme yang meliputi (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, dan (3) Hasil belajar.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari tiga kali pertemuan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 04Sasak Kabupaten Pasaman Barat.
Hasil penelitian dari perencanaan RPP memperoleh persentase nilai 78,5% dengan kualifikasi Baik (B) pada siklus I meningkat menjadi 96% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB) pada siklus II. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontruktivisme dari aspek guru memperoleh persentase 78,3% dengan kualifikasi Baik (B) pada siklus I meningkat menjadi 96,4% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB) pada siklus II, dari aspek siswa 71,2% dengan kualifikasi cukup (C) pada siklus I meningkat menjadi 85,7% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB) pada siklus II, hasil belajar siswa dari ke tiga ranah (kognitif, afektif, psikomotor) pada siklus I 72% dengan kualifikasi Cukup (C) meningkat menjadi 83 % dengan kualifikasi Baik (B) pada siklus II. Dapat disimpulkan dengan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV di SDN 04 Sasak Kabupaten Pasaman Barat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPS, Konstruktivisme, Hasil belajar, Pembelajaran, PTK. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 05:32 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 05:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19194 |