Akmal, Akmal (2012) Meningkatkan Hasil Belajar Simetris Bangun Datar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di Kelas IV SD Negeri 15 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AKMAL_50582_536_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_AKMAL_50582_536_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AKMAL_50582_536_2012.pdf
Download (289kB)
Abstract
Penelitian dilatar belakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Berdasarkan pengamatan peneliti ditemukan hasil belajar Bangun Datar Simetris siswa masih rendah, untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil belajar Bangun Datar Simetris dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement disions (STAD) di kelas IV SD Negeri 15 Parit Panjang Kecamatan Lubuk Basung.
Penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari II siklus dengan empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Setelah dilakukan siklus I, kemudian dilakukan refleksi. Hasil refleksi yang dilaksanakan pada siklus I memberikan kesimpulan bahwa perlu dilaksanakan siklus II untuk memperbaiki (1) pelaksanaan pembelajaran yang meliputi: (a) penyajian kelas, (b) kegiatan belajar kelompok, (c) tes, (d) penentuan skor peningkatan individual, (e) penghargaan kelompok. Setelah dilaksanakan siklus II, hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif untuk meningkatkan hasil belajar Bangun Datar Simetris siswa kelas IV SD Negeri 15 Parit Panjang.
Hasil penilaian penelitian setelah siklus I menunjukan ketercapaian yang diperoleh siswa pada aspek kognitif 67%, aspek afektif 55%, aspek psikomotor 63%, peneliti dilanjutkan pada siklus II yang diperoleh siswa adalah aspek kognitif 81%, aspek afektif 98%, aspek psikomotor 97%. Telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklua II. Dengan demikian dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Bangun Datar Simetris
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:18 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19188 |