Widyastuti, Liza (2013) Peningkatan Hasil Belajar Luas Segitiga dan Jajargenjang dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Simpang Ampek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_LIZA_ WIDYASTUTI_082013_3535_2013.pdf [thumbnail of final_B1_06_LIZA_ WIDYASTUTI_082013_3535_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_LIZA_ WIDYASTUTI_082013_3535_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada pembelajaran luas segitiga dan jajargenjang di kelas IV SD Negeri 01 Simpang Ampek Kabupaten Agam. Hal ini terjadi karena guru lebih mengutamakan metode ceramah dan tanya jawab serta belum melaksanakan pembelajaran dengan berkelompok. Untuk mengatasi permasalahan tersebut digunakan pendekatan cooperative learning tipe jigsaw. Tujuannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar luas segitiga dan jajargenjang dengan pendekatan cooperative learning tipe jigsaw. Langkah-langkah pendekatan cooperative learning tipe jigsaw yaitu : 1) membaca topik, 2) diskusi kelompok ahli, 3) laporan kelompok, 4) tes, 5) rekognisi tim. Jenis penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Research), penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini meliputi 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Data penelitian ini diperoleh dari lembar penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktifitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Simpang Ampek Kabupaten Agam tahun ajaran 2012/2013. Hasil penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) siklus I yaitu 75% menjadi 82%. Pada siklus II menjadi 96%. Pelaksanaan pembelajaran dari aktifitas guru siklus I 88% menjadi 91% dan pada siklus II menjadi 94%. Pelaksanaan pembelajaran dari aktifitas siswa pada siklus I 77% menjadi 84% dan pada siklus II menjadi 90%. Hasil belajar siswa dari aspek kognitif 63, aspek afektif 67. Penelitian ini dilanjutkan pada siklus II dan diperoleh siswa pada aspek kognitif 70, aspek afektif 76. Telah terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar luas segitiga dan jajargenjang di kelas IV SD Negeri 01 Simpang Ampek Kabupaten Agam
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR LUAS SEGITIGA, JAJARGENJANG, PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:18 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:18 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19187 |