Yati, Rismi Firda (2018) Peningkatan Hasil Belajar Pengukuran Waktu dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Kelas III SDN 13 Painan Utara Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_RISMI_1108411_621_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_RISMI_1108411_621_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_RISMI_1108411_621_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pengukuran waktu, yang disebabkan karena pendekatan yang digunakan kurang bermakna. Siswa hanya disuguhkan dengan pengukuran waktu yang diajarkan guru, tanpa menemukan sendiri konsep pengukuran waktu dan kurang mengaitkan dengan masalah – masalah nyata yang biasa ditemui dalam kesehariannya.sehingga KKM belum tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar pengukuran waktu dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN 13 Painan Utara Kabupaten Pesisir Selatan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) Perencanaan siklus I pertemuan I dan II diperoleh rata – rata nilai 73.21% kualifikasi baik, siklus II diperoleh nilai 89.28% kualifikasi sangat baik) b) pelaksanaan (guru) siklus I pertemuan I dan II dengan rata – rata nilai 69.69% kualifikasi baik, dan siklus II diperoleh nilai 85.71% kualifikasi sangat baik, (siswa) siklus I pertemuan I dan II rata- rata nilai 66.06 % kualifikasi baik, dan siklus II diperoleh nilai 89.28% kualifikasi sangat baik) c) Hasil belajar siklus I dari pertemuan I dan II aspek kognitif, afektif dan psikomotor didapatkan rata – rata nilai 69.93 % kualifikasi baik, dan siklus II 82.65 % kualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 13 Painan Utara Kabupaten Pesisir Selatan pada pokok bahasan pengukuran waktu.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Pengukuran waktu, Matematika SD. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:17 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19185 |