Putri, Ridha Kurnia (2015) Gambaran Pelaksanaan Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) di Sentra Bermain Peran Taman Kanak kanak Sandhy Putra Telkom Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_RIDHA_KURNIA_PUTRI_54385_186_2015.pdf [thumbnail of final_B1_7_RIDHA_KURNIA_PUTRI_54385_186_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_RIDHA_KURNIA_PUTRI_54385_186_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kenyataan setelah peneliti melakukan pengamatan dari beberapa TK yang ada di Kota Padang masih ada guru yang kurang paham dalam Pelaksanaan Pendekatan BCCT (khususnya sentra bermain peran), hal ini terlihat belum terlaksananya pijakan-pijakan lingkungan main sesuai dengan prinsip-prinsip BCCT sentra bermain peran, kurangnya alat permainnan yang dapat menunjang proses pembelajaran BCCT pada sentra bermain peran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan Pelaksanaan Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) Di Sentra Bermain Peran TK Sandhy Putra Telkom Padang.
Penelitian ini dilakukan di TK Sandhy Putra Telkom Padang Sumatra Barat tepatnya di Jln. Aur Duri Indah IV Kec. Padang Timur, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Responden dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di sentra bermain peran pada kelompok B beserta murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh dan dideskripsikan sesuai dengan realita dan apa adanya. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dan teknik pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gambaran Pelaksanaan Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) di sentra bermain peran TK Sandhy Putra Telkom Padang sudah berjalan dengan baik. Hal ini terbukti dari penelitian yang peneliti lakukakan dengan melihat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan yang dimulai dengan melihat bentuk RKM dan RKH yang memuat 4 pijakan yang telah dipersiapkan sebelum kegiatan. Pelaksanaan yang terdiri dari penataan lingkungan main/media dengan mendisplay permainan sesuai dengan jumlah anak, materi/kegiatan bermain peran dan metode yang bervariasi, pijakan sentra yang dibagi menjadi pijakan sebelum main, pijakan selama, pijakan setelah main. Selanjutnya, juga terihat guru melaksanakan penilaian untuk mengetahui kemajuan perkembangan anak, dengan berbagai teknik dari awal anak sampai pulang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan BCCT, sentra bermain peran, TK Sandhy Putra, pendekatan kualitatif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:36 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19184 |