Rohanis, Isna (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Kartu Kata Bergambar di Tk Nurul Huda Simpang Tolang Baru Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_ISNA ROHANIS_58558_4293_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_ISNA ROHANIS_58558_4293_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_ISNA ROHANIS_58558_4293_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Kemampuan membaca anak di TK Nurul Huda Simpang Tolang Baru sebelumnya masih rendah. Penyebab rendahnya kemampuan membaca anak disebabkan oleh anak tidak tertarik dalam membaca dan guru kurang tepat dalam memilih metode dan media yang di senangi anak Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui permainan Kartu Kata Bergambar.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ini adalah TK Nurul Huda Simpang Tolang Baru Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat pada kelompok B yang berjumlah 15 anak, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi anak, selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus, Siklus I dan siklus II terdiri dari 3 kali pertemuan sedangkan siklus III terdiri dari 2 kali pertemuan.
Hasil penelitian disetiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca anak dari siklus I pada umumnya terlihat masih rendah, swdangkan pada siklus II peningkatan kemampuan membaca anak terlihat sudah mulai meningkat, serta menunjukkan hasil yang positif bagi perkembangan membaca anak dalam melakukan permainan Kartu Kata Bergambar di TK Nurul Huda Simpang Tolang Baru Kecamatan Ranah Batahan sehingga hasil rata-rata membaca anak dapat tercapai dalam Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan, yaitu ternyata kemampuan membaca anak mengalami peningkatan pada siklus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan Kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca anak di TK Nurul Huda Simpang Tolang Baru Kabupaten Pasaman Barat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Anak, Kartu Kata Bergambar, Tk Nurul Huda. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:00 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19167 |