Afrida, Eli (2012) Peningkatan Hasil Belajar Sifat – Sifat Bangun Ruang Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) di Kelas V SD Negeri 46 Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ELI_AFRIDA_09499_1461_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ELI_AFRIDA_09499_1461_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ELI_AFRIDA_09499_1461_2012.pdf
Download (304kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti dalam pembelajaran sifat – sifat bangun ruang di kelas V di SD Negeri 46 Kuranji Kota Padang, siswa mengalami kesulitan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang sehingga berdampak pada hasil belajar menjadi rendah. Karena dalam pembelajaran bangun ruang hanya diberikan aturan simbol tanpa pengertian secara nyata (peragaan). Kesulitan juga muncul karena pengenalan bangun ruang sebatas memperlihatkan gambar yang ditulis oleh guru di papan tulis saja. Untuk itu peneliti memperbaiki proses pembelajaran sifat- sifat bangun ruang dengan menggunakan pendekatan CTL. Dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu : 1) kontruktivisme .2) menemukan (Inquiry). 3) bertanya. 4) masyarakaat belajar. 5) pemodelan 6 ) refleksi. 7) penilaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar sifat-sifat bangun ruang menggunakan pendekatan CTL di kelas V SD Negeri 46 Kuranji Kota Padang.
Jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus PTK dilaksanakan dengan prosedur: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan, dan tes. Subjek peneliti adalah peneliti, observer dan siswa kelas V yang berjumlah 25 orang.
Hasil penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian proses (afektif dan psikomotor), penilaian hasil (kognitif)dan lembaran pengamatan dari aspek guru dan siswa.Hasil belajar yang dicapai siswa siklus I rata-rata dari aspek kognitif 71,7, aspek afektif 73, dan asfek psikomotor 74,2.Pada siklus II rata-rata dari aspek kognitif 79,4,aspek afektif 80 dan aspek psikomotor 81,2.Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi mengidentifikasikan sifat –sifat bangun ruang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bangun ruang, Kesulitan, CTL, PTK, Hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:00 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:00 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19166 |