Windrawati, Windrawati (2015) Pengaruh Penerapan Handout Bermuatan Kecerdasan Komprehensif terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MIA SMAN 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_WINDRAWATI_1106298_5965_2015.pdf [thumbnail of B1_5_WINDRAWATI_1106298_5965_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_WINDRAWATI_1106298_5965_2015.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Fisika siswa.Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan bahan ajar yang belummendukung untuk mencapai seluruh kompetensi baik dari aspek pengetahuan,sikap spiritual, sikap sosial, dan keterampilan. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui pengaruh penerapan handout bermuatan kecerdasan komprehensifterhadap hasil belajar Fisika siswa kelas X MIA SMAN 2 Padang.Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen semu (QuasiExperiment) dengan rancangan Randomized Control Group Only Design.Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X MIA SMAN 2 Padang yangterdaftar pada Tahun Pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan denganteknik purposive Sampling. Sampel penelitian adalah kelas X MIA1 sebagai kelaskontrol dan kelas X MIA 4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah anggotasampel yang sama yaitu 32 orang. Data penelitian ini meliputi kompetensi yangterdiri dari aspek pengetahuan, aspek sikap spiritual, sikap sosial, dan aspekketerampilan. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar untuk aspekpengetahuan, lembar observasi untuk aspek sikap spiritual dan sikap sosial, danrubrik penskoran untuk aspek keterampilan. Data yang diperoleh dianalisisdengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji t) pada taraf nyata 5% untukaspek pengetahuan, aspek sikap spiritual dan sosial, dan aspek keterampilan.Hasil penelitian yang dilakukan, menunjukan hipotesis kerja “Terdapatpengaruh yang berarti penerapan handout bermuatan kecerdasan komprehensifterhadap hasil belajar Fisika siswa kelas X MIA SMAN 2 Padang pada aspekpengetahuan, sikap spiritual, sikap sosial, dan keterampilan dapat diterima padataraf nyata 5%. Jadi, handout bermuatan kecerdasan komprehensif dapatmemperdalam kemampuan dan pemahaman siswa sehingga hasil belajar Fisikapada aspek pengetahuan, sikap spiritual, sikap sosial, dan keterampilan dapatmeningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HANDOUT, KECERDASAN KOMPREHENSIF, HASIL BELAJAR FISIKA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:53 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19163 |