Suarni, Aji (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA dengan menggunakan Pendekatan Inkuiri di Kelas IV SDN 38 Seberang Tarok Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AJI_SUARNI_57212_5352_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_AJI_SUARNI_57212_5352_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AJI_SUARNI_57212_5352_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 38 Seberang Tarok Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan yang masih rendah. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan pembelajaran IPA lebih berpusat pada guru. Hal ini menyebabkan siswa kurang aktif membangun pengetahuannya, dan siswa terlihat jenuh pada saat mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan pendekatan Inkuiri di kelas IV SDN 38 Seberang Tarok Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN 38 Seberang Tarok Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan, dengan jumlah siswa 14 orang.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, siklus pertama terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus ke dua dilakukan dalam satu kali pertemuan. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada setiap aspek penilaian. Pada aspek penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada siklus I adalah 87,50% dan pada siklus II meningkat menjadi 95,83%. Pada aspek penilaian guru siklus I memperoleh persentase yaitu 83,92% dan pada siklus II meningkat menjadi 92,86%. Sedangkan pada aspek penilaian siswa siklus I memperoleh persentase 85,71% dan pada siklus II memperoleh persentase 96,43%. Hasil belajar siswa yang dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor pada siklus I memperoleh rata-rata 74,02% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,59%. Dengan demikian pendekatan pembelajaran inkuiri di kelas IV SDN 38 Seberang Tarok Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Inkuiri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:52 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19157 |