Sari, Lisa Komala (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SDN 04 IX Korong Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_LISA_KOMALA_SARI_93674_589_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_LISA_KOMALA_SARI_93674_589_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_LISA_KOMALA_SARI_93674_589_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilata rbelakangi oleh kenyataan di SDN 04 IX Korong Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok bahwa (1) pembelajaran yang dilaksanakan guru tidak sesuai dengan langkah-langkah yang ada pada RPP .(2) pembelajaran didominasi oleh guru sehingga siswa tidak memiliki banyak kesempatan untuk mengemukakan pendapat.(3) guru belum pernah melakukan pembelajaran kelompok secara heterogen. Hal ini mengakibatkan hasil pembelajaran IPS masih rendah. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV 04 IX Korong Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Prosedur penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 04 IX Korong Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok yang berjumlah 26 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan pendekatan CTL. Berdasarkan hasil analisis data maka didapatkan hasil perencanaan siklus I nilai rata-rata 75%, meningkat pada siklus II 89,28%. Penilaian aktivitas guru siklus I nilai rata-rata 67.85%, meningkat pada siklus II 89,28%. Penilaian aktivitas siswa siklus I nilai rata-rata 64,28%, meningkat pada siklus II 87,75%. Hasil belajar siswa siklus I nilai rata-rata 76,98, meningkat pada siklus II 85,1. Dengan demikian pendekatan CTL telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 04 IX Korong Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPS, MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:50 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:50 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19154 |