Peningkatan Hasil Belajar KPK dan FPB dengan Strategi Active Learning Tipe Card Sort di Kelas IV SDN 19 Pasar Malintang Tapan

Nilamsari, Nila (2014) Peningkatan Hasil Belajar KPK dan FPB dengan Strategi Active Learning Tipe Card Sort di Kelas IV SDN 19 Pasar Malintang Tapan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_NILA_NILAMSARI_04289_04289_1753_2013.pdf] Text
final_B1_6_NILA_NILAMSARI_04289_04289_1753_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang peneliti temukan di kelas IV SDN 19 Pasar Malintang Tapan yaitu hasil belajar KPK dan FPB rendah. Permasalahan tersebut disebabkan pembelajaran masih berpusat pada guru, guru kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengeluarkan pendapatnya sendiri, dan guru belum menggunakan strategi atau metode pembelajaran yang bervariasi. Siswa hanya mendengarkan materi pembelajaran yang diberikan guru, siswa tidak diajak untuk bekerja sama dalam kelompok, siswa cendrung bosan dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah strategi Active Learning tipe Card Sort. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar KPK dan FPB dengan Strategi Active Learning Tipe Card Sort di kelas IV SDN 19 Pasar Malintang Tapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 19 Pasar Malintang Tapan. Sumber data adalah pembelajaran KPK dan FPB dengan strategi Active Learning tipe Card Sort di kelas IV SDN 19 Pasar Malintang Tapan. Hasil penelitian pada perencanaan pembelajaran siklus I diperoleh ratarata persentase 90%, pada siklus II meningkat menjadi 95%. Pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru siklus I diperoleh rata-rata persentase 86%, pada siklus II meningkat menjadi 92%, sedangkan pada aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata persentase 77%, pada siklus II meningkat menjadi 87%. Selanjutnya hasil belajar siswa siklus I diperoleh rata-rata persentase ketuntasan 52% dan pada siklus II mengalami peningkatan 96%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi Active Learning tipe Card Sort dapat meningkatkan hasil belajar KPK dan FPB di kelas IV SDN 19 Pasar Malintang Tapan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, KPK, FPB, strategi active learning, tipe card sort, kelas IV, SDN 19 Pasar Malintang, Tapan
Subjects: A Accountant
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1
Depositing User: Muhammad Ray Yanarzon
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:50
Last Modified: 31 Jul 2025 02:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19151

Actions (login required)

View Item
View Item