Aisyah, Aisyah (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi menggunakan Strategi Think Talk Write Di Kelas IV SD Negeri 19 Air Tawar Barat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AISYAH_1200636_5802_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_AISYAH_1200636_5802_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AISYAH_1200636_5802_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi keterampilan menulis deskripsi di kelas IV SD Negeri 19 Air Tawar Barat Kota Padang rendah. Hal ini disebabkan oleh guru belum sepenuhnya membimbing siswa dan mengembangkan keterampilan berfikir siswa sehingga karangan siswa belun tertata dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi menggunakan strategi think talk write di kelas IV SD Negeri 19 Air Tawar Barat Kota Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peneliti dan 25 orang siswa kelas IV. Penelitian dilaksanakan dalam II siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data penelitian ini diambil dari tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa dari siklus I ke siklus II. Aspek guru siklus I memperoleh nilai 75% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 95% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Aspek siswa siklus I memperoleh nilai 66,6% dengan kualifikasi cukup meningkat menjadi 91,67% dengan kualifikasi sangat baik. Rata-rata perolehan nilai siswa tahap prapenulisan dari 69,50 menjadi 81,00. Tahap penulisan dari 69,25 menjadi 83,25 kemudian tahap pascapenulisan dari 74,30 menjadi 81,66. Keterampilan menulis deskripsi siswa siklus I dengan nilai rata-rata 70,70 kualifikasi baik meningkat menjadi 83,26 kualifikasi sangat baik pada siklus II. Dapat disimpulkan strategi think talk write terbukti efektif meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 19 Air Tawar Barat Kota Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Menulis, Strategi Think Talk Write |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:46 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:46 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19140 |