reza, Ferania (2015) Peningkatan Hasil Penjumlahan Bilangan Cacah Dengan Pendekatan Kontruktivisme di Kelas I SD Negeri 05 Enam Lingkung Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FERANIA_REZA_1108227_2542_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_FERANIA_REZA_1108227_2542_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FERANIA_REZA_1108227_2542_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran penjumlahan bilangan cacah disebabkan oleh dalam pelaksanaan pembelajaran guru belum melaksanakan komponen dari kontruktivisme. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran ( RPP ), pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar penjumlahan bilangan cacah dengan pendekatan kontruktivisme.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data penelitian ini meliputi data rencana pembelajaran, data aktivitas guru, data aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah guru dan siswa di kelas I SD Negeri 05 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa. Pada RPP siklus I pertemuan I dan pertemuan II memperoleh nilai 88% (B) dan 89% (B) dan meningkat menjadi 89% (B) dan 93% (SB) pada siklus II pertemuan I dan Pertemuan II. Pada pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I pertemuan I dan Pertemuan II memperoleh nilai 75% (C) dan 83% (B) dan meningkat menjadi 89% (B) dan 92% (SB) pada siklus II pertemuan I dan petemuan II. Sedangkan pelaksanaan dari aspek siswa siklus I pertemuan I dan pertemuan II memperoleh nilai 55,5% (K) dan 74% (C) meningkat menjadi 89% (B) dan 94% (SB) pada siklus II pertemuan I dan pertemuan II. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I dan Ii adalah 68 dan 75 dan siklus II pertemuan I dan II adalah 78 dan 88. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan bilangan cacah di kelas I SD Negeri 05 Enam Lingkung.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, pendekatan kontruktivisme, penjumlahan bilangan cacah, penelitian tindakan kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:29 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19122 |