SERFIA, FERA (2013) Peningkatan Hasil Belajar Jaring-Jaring Balok dan Kubus dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Di Kelas IV SD Negeri 13 Sarik Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_FERA_SERFIA_95435_1506_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_FERA_SERFIA_95435_1506_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_FERA_SERFIA_95435_1506_2014.pdf
Download (394kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa guru masih melaksanakan pembelajaran secara konvensional dimana dalam proses belajar mengajar guru yang terkibat aktif sedangkan siswa hanya menerima apa yang disampaikan guru. Berdasarkan pengamatan ditemukan hasil belajar matematika siswa masih rendah, oleh sebab itu penulis melakukan penelitian tindakan`kelas pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) di SDN 13 Sarik Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun Pelajaran 2012-2013 dengan dua siklus yaitu siklus I dua pertemuan dan siklus II satu pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan lembar pengamatan. Subjek penelitian berjumlah 25 orang yaitu siswa kelas IV SDN 13 Sarik Alahan Tigo.
Hasil penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 85,3 % dan pada siklus II adalah 92%. Hasil Penilaian aktifitas guru pada siklus I adalah 79% dan pada siklus II adalah 92%. Hasil penilaian aktifitas siswa pada siklus I adalah 82,3% dan pada siklus II adalah 94%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 68,6 sedangkan pada siklus II adalah 80,13 Dari hasil penelitian terlihat bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika di kelas IV SDN 13 Sarik Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, pembelajaran kooperatif, STAD, matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Muhammad Arga |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:08 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19110 |