Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di Kelas V SDN 06 Cimparuh

Paramitha, Riska (2020) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) di Kelas V SDN 06 Cimparuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_RISKA_PARAMITHA_16129219_4167_2020.pdf] Text
final_B1_06_RISKA_PARAMITHA_16129219_4167_2020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada RPP yang digunakan guru. Guru belum mampu memilih dan menggunakan model pembelajaran yang inovatif, dalam pelaksanaannya, guru masih menggunakan media pembelajaran yang yang ada pada buku guru dan belum benda kongkrit, selama proses pembelajaran berlangsung guru lebih aktif daripada peserta didik dan sedikit berinteraksi dengan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 06 Cimparuh.
Penelitian ini dilatar belakangi pada RPP yang digunakan guru. Guru belum mampu memilih dan menggunakan model pembelajaran yang inovatif, dalam pelaksanaannya, guru masih menggunakan media pembelajaran yang yang ada pada buku guru dan belum benda kongkrit, selama proses pembelajaran berlangsung guru lebih aktif daripada peserta didik dan sedikit berinteraksi dengan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 06 Cimparuh.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu pada siklus I dan siklus II. (a) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Siklus I memperoleh skor 79,15% kualifikasi (B), Siklus II memperoleh skor 97,2% kualifikasi (SB). (b) Pelaksanaan pada aspek guru, Siklus I memperoleh skor 80,64% kualifikasi (B), Siklus II memperoleh skor 96,4% kualifikasi (SB). (c) Pelaksanaan pada aspek siswa, Siklus I memperoleh skor 80,64% kualifikasi (B), Siklus II memperoleh skor 96,4% kualifikasi (SB). Dengan demikian model kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SDN 06 Cimparuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model TGT, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:08
Last Modified: 31 Jul 2025 02:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19109

Actions (login required)

View Item
View Item