Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Think Pair Share di Kelas IV SD Negeri 58 Lubuk Buaya Kota Padang

Mulyani, Riska (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Think Pair Share di Kelas IV SD Negeri 58 Lubuk Buaya Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_RISKA_MULYANI_1300504_1251_2018.pdf] Text
final_B1_06_RISKA_MULYANI_1300504_1251_2018.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang sesuainya perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran IPS yang dibuat dan dilakukan guru dengan yang diharapkan. Akibatnya hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Proses Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Think Pair Share di kelasIV SD Negeri 58 Lubuk Buaya kota Padang.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 58 Lubuk Buaya Kota Padang yang berjumlah 22 orang . Data penelitian berupa hasil pengamatan dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui lembar observasi dan lembar tes.
Hasil penelitian pengamatan RPP pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 88 %dengan kualifikasi sangat baik, meningkat pada siklus II memperoleh nilai 96,42% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pengamatan aspek guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 79% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II memperoleh nilai 91,1% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pengamatan aspek siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II memperoleh nilai 91,1% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,00% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II memperoleh nilai 84,71% dengan kualifikasi baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan proses belajar siswa dalam pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 58 Lubuk Buaya kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses belajar siswa, model Think Pair Share.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:07
Last Modified: 31 Jul 2025 02:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19104

Actions (login required)

View Item
View Item