Pengembangan LKS Berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) Pada Konsep Kalor dan Prinsip Konservasi Energi Untuk Pembelajaran Siswa Kelas X Semester 2 SMAN 4 Pariaman.

Dini, Winda Septian (2013) Pengembangan LKS Berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) Pada Konsep Kalor dan Prinsip Konservasi Energi Untuk Pembelajaran Siswa Kelas X Semester 2 SMAN 4 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WINDA_SEPTIAN_DINI_12705_3988_2013.pdf] Text
B1_5_WINDA_SEPTIAN_DINI_12705_3988_2013.pdf

Download (991kB)

Abstract

Salah satu bentuk permasalahan yang dihadapi siswa saat mempelajarimateri fisika yaitu kurangnya kemampuan siswa mengaitkan materi pelajarandengan teknologi dan masyarakat.Permasalahan ini muncul karena belum adanyabahan ajar yang menjelaskan keterkaitan antara materi fisika dengan SainsTeknologi Masyarakat.Tujuan penelitian ini adalah membuat bahan ajarberbentuk LKS berbasis Sains Teknologi Masyarakat pada konsep kalor danprinsip konservasi energi yang valid, praktis dan efektif serta mengetahui nilaikevalidan, kepraktisan dan keefektivan dari LKS yang dibuat.Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development(R&D). Objek dari penelitian adalah LKS berbasis Sains Teknologi Masyarakatyang diujicobakan kepada siswa kelas X SMA Negeri 4 Pariaman yang berjumlah20 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalahlembar validitas, lembar uji praktikalitas menurut guru fisika, lembar ujipraktikalitas menurut siswa, lembar efektivitas oleh siswa dan tes hasil belajardalam ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Teknik analisis produk dan datayang digunakan adalah teknik mendeskripsikan, metode grafik, analisis statistikdeskriptif, dan analisis perbandingan berkorelasi. Data yang didapat daripenelitian akan diukur menggunakan skala likert.Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat dikemukakan duahasil penelitian. Pertama, telah berhasil dibuat LKS berbasis Sains TeknologiMasayarakat dengan desain LKS yang terdiri dari standar kompetensi, kompetensidasar, tujuan pembelajaran, informasi pendukung, langkah kerja, latihan-latihan,dan format penilaian. Kedua, LKS yang dibuat valid, praktis dan efektifdigunakan dalam pembelajaran fisika. Nilai rata-rata validitas yang diperoleh daritenaga ahli 83,69. Nilai rata-rata praktikalitas yang diperoleh dari guru fisikaadalah 93,88 dan nilai rata-rata praktikalitas yang diperoleh dari siswa adalah92,15. Nilai rata-rata angket efektifitas yang diperoleh dari siswa adalah 90,6 danterjadi peningkatan hasil belajar fisika siswa berarti dalam ranah kognitif dengannilai uji t adalah 28,85, ranah afektif dengan nilai rata-rata afektif adalah 85,4 danranah psikomotor dengan nilai rata-rata adalah 89,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SAINS TEKNOLOGI, KONSERVASI ENERGI, KONSEP KALOR
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:07
Last Modified: 31 Jul 2025 02:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19103

Actions (login required)

View Item
View Item