Mardiyah, Ainun (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Picture and Picture di Kelas V SDN 04 Matua Kecamatan Matur Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AINUN_MARDIYAH_95223_549_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_AINUN_MARDIYAH_95223_549_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AINUN_MARDIYAH_95223_549_2013.pdf
Download (468kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa banyak siswa yang kurang menyenangi mata pelajaran IPS sehingga menimbulkan rasa malas serta berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini ingin mencoba meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe picture and picture. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe picture and picture di kelas V SDN 04 Matua Kecamatan Matur Kabupaten Agam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 04 Matua.
Dari hasil penelitian ini terlihat peningkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar. Penilaian RPP siklus I 72%, pengamatan kegiatan guru 64%, kegiatan siswa 64%,sedangkan penilaian aspek kognitif 65%, afektif 66%, psikomotor 68%. Siklus I pertemuan II penilaian RPP 81%, kegiatan guru 82%, kegiatan siswa 75%, penilaian aspek kognitif 73%, afektif 73%, psikomotor 74%. Pada Siklus II penilaian RPP 94%, kegiatan guru 89%, kegiatan siswa 88%, aspek kognitif 85%, afektif 79%, psikomotor 83%. Jadi pembelajaran dengan penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Model Cooperative Learning Tipe Picture and Picture |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:07 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19099 |