Prastisa, Lilian (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw di Kelas V SDN 08 Apar Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_LILIAN_PRASTISA_1204956_1309_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_LILIAN_PRASTISA_1204956_1309_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_LILIAN_PRASTISA_1204956_1309_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan bahwa pembelajaran IPS lebih didominasi oleh guru sehingga siswa tidak memiliki banyak kesempatan untuk mengemukakan pendapat dan membuat siswa cenderung tidak aktif dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS rendah. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS kelas V SDN 08 Apar Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan evaluasi berupa tes. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 08 Apar Kota Pariaman yang berjumlah 24 orang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) perencanaan siklus I pertemuan 1 dengan persentase 78% dan pertemuan II 90%, siklus II 93%, b) pelaksanaan siklus I aspek guru pertemuan 1 75%, pertemuan II 91%, suklus II 97% dan aspek siswa siklus I pertemuan 1 71%, pertemuan II 86%, siklus II 91%, c) hasil belajar siswa siklus I pertemuan1 dengan rata-rata 67,7, pertemuan II 74,12 dan siklus II 84,01. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 08 Apar Kota Pariaman
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS, MODEL COOPERATIVE LEARNINGTIPE JIGSAW |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:07 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19098 |