Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan bagi Anak Kesulitan Membaca di MIN Koto Luar Padang

Sari, Dianita Purnama (2014) Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan bagi Anak Kesulitan Membaca di MIN Koto Luar Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_DIANITA_PURNAMA_SARI_15597_5614_2014.pdf] Text
B1_2_DIANITA_PURNAMA_SARI_15597_5614_2014.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang proses pembelajaran membaca permulaan
untuk anak kesulitan membaca yang dilaksanakan di MIN Koto Luar Padang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran
membaca permulaan yang diberikan oleh guru kepada anak kesulitan membaca di
MIN Koto Luar Padang, yang masih merupakan sekolah reguler dan belum
menjadi sekolah inklusi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang
difokuskan kepada, proses pembelajaran membaca permulaan yang diberikan
kepada anak kesulitan membaca, kendala yang dihadapi oleh guru dalam
pembelajaran, serta usaha yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi kendala
tersebut. Subjek penelitian adalah guru kelas dan kepala sekolah. Proses
pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah pelaksanakan pembelajaran membaca
permulaan di sekolah ini dilakukan sesuai dengan ketentuan kurikulum sekolah
reguler, tidak ada pembelajaran secara khusus terhadap anak kesulitan membaca
ini. Guru tidak melakukan modifikasi kurikulum yang disesuaikan dengan
kemampuan anak kesulitan membaca terhadap pembelajarannya. Proses belajar
mengajar dilakukan secara klasikal dan menyeluruh terhadap semua siswa. Tindak
lanjut yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan membaca anak
yaitu dengan melakukan kegiatan mengulang pelajaran. Kendala yang dirasakan
oleh guru dalam pembelajaran membaca permulaan untuk anak kesulitan
membaca ini adalah kurangnya pengetahuan guru terhadap pembelajaran yang
seharusnya untuk anak kesulitan membaca. Guru juga belum pernah mendapatkan
pelatihan ataupun workshop tentang pembelajaran untuk anak kesulitan membaca.
Guru juga kesulitan dalam menjalin kerja sama dengan orang tua siswa dalam
meningkatkan kemempuan belajar siswa di rumah. Kurangnya motifasi siswa
dalam belajar. Usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala tersebut
adalah guru melakukan kegiatan diskusi dengan guru kelas lainnya, guru
melakukan diskusi dengan orang tua, dan guru melakukan hal yang bisa
meningkatkan motifasi belajar siswa yaitu denagan memberikan reward jika siswa
mampu menjawab soal atau mampu melakukan hal yang di perintahkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Membaca Permulaan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Mulida Djamarin S.Sos
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:06
Last Modified: 31 Jul 2025 02:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19097

Actions (login required)

View Item
View Item