Hidayati, Isa (2015) Pengembangan Motorik Kasar Anak di PAUD Terpadu Bhakti Bunda Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_ISA_HIDAYATI_1100795_2435_2015.pdf [thumbnail of final_B1_7_ISA_HIDAYATI_1100795_2435_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_ISA_HIDAYATI_1100795_2435_2015.pdf
Download (612kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan yang dihadapi di lapangan bahwa masih belum berkembangnya motorik kasar anak dengan baik. Kurang berkembangnya kemampuan motorik kasar anak ini disebabkan oleh kurang bervariasinya kegiatan motorik kasar yang dilakukan oleh guru. Pelaksanaan kegiatan motorik kasar juga guru sering kali tidak sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat sebelumnya. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang motorik kasar di PAUD Terpadu Bhakti Bunda yang sudah mempunyai kegiatan yang pengembangan motorik kasar yang cukup bagus. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengembangan motorik kasar anak yang meliputi perencanaan, media, metode, dan evaluasi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama dalam pengumpulan data. Pengolahan data dilakukan dengan teknik analisis data model Miles dan Huberman melalui tahap reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan.
Berdasarkan deskripsi dan analisis data disimpulkan bahwa pengembangan motorik kasar anak di PAUD Terpadu Bhakti Bunda dilaksanakan pada kegiatan pijakan awal sebelum anak masuk ke dalam kelas dan secara khusus dilaksanakan pada sentra olah tubuh . Aktivitas-aktivitas tersebut dimulai dari tahap perencanaan yang dilakukan dengan merancang pembelajaran secara berdiskusi, pelaksanaannya sangat ditunjang dengan pemilihan metode belajar dan penggunaan media yang sesuai dengan kebutuhan serta dapat mengembangkan motorik kasar peserta didik, dan evaluasi pengembangan motorik kasar ditekankan kepada penilaian proses dengan melalukan pengamatan atau observasi serta pengambilan tindakan yang sesuai berdasarkan pengamatan tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Motorik, Kasar, PAUD Terpadu Bhakti Bunda |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:07 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19093 |