Peningkatan Kreativitas Siswa Membuat Benda Konstruksi dengan Model Explicit Instruction di Kelas IV SD Negeri 09 Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam

Fauzana, Rise (2013) Peningkatan Kreativitas Siswa Membuat Benda Konstruksi dengan Model Explicit Instruction di Kelas IV SD Negeri 09 Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_Rise_ Fauzana_11929_4063_2013.pdf] Text
final_B1_06_Rise_ Fauzana_11929_4063_2013.pdf

Download (651kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran membuat benda konstruksi selama ini sangat jauh dari apa yang diharapkan, dimana guru tidak mampu menyajikan pembelajaran yang bisa mendorong keterlibatan siswa secara aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan kreativitas siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peningkatan Kreativitas Siswa Membuat Benda Konstruksi dengan Model Explicit Instruktion di Kelas IV SD Negeri 09 Pakan Sinyan Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 09 Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Rancangan penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan kemampuan guru membuat RPP dari siklus 1 diperoleh rata-rata 74% meningkat pada siklus 2 menjadi 88%. Pada pelaksanaan aspek guru pada siklus 1 diperoleh rata-rata 78% meningkat pada siklus 2 menjadi 87%. Pada pelaksanaan aspek siswa siklus 1 diperoleh rata rata 73% meningkat pada siklus 2 menjadi 83%. Kreativitas siswa pada penilaian proses siklus 1 mendapatkan nilai rata-rata 71 meningkat pada siklus 2 menjadi 83. Pada penilaian hasil siklus 1 mendapatkan nilai rata-rata 70 meningkat pada siklus 2 menjadi 84. Jadi dari penelitian ini dapat disimpulkan dengan menggunakan model Explicit Instruktion dapat meninggkatkan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas siswa, Benda konstruksi, Model Explicit Instruction.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:06
Last Modified: 31 Jul 2025 02:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19092

Actions (login required)

View Item
View Item