Wahyuni, Lili Sri (2017) Pengaruh Penggunaan Model Koopeartif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_LILI_SRI_WAHYUNI_1300449_5001_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_LILI_SRI_WAHYUNI_1300449_5001_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_LILI_SRI_WAHYUNI_1300449_5001_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran pendidikan kewarganegaraan yang masih berpusat kepada guru yang membuat siswa merasa bosan dan kurang semangat dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa pun belum sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh penggunaan model kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen design dengan bentuk nonrequivalen control group design. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 03 Pakan Labuah Bukittinggi pada kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa. Instrument penelitian yang dilakukan melalui tes tertulis dengan dengan jenis objektif dengan bentuk pihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, dan daya beda. Teknik analisis data yang digunakan adalah membandingkan perbedaan dari dua rata-rata nilai melakukan uji normalitas dan uji homogenitas sehingga dilakukan dengan uji-t (t-tes). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 63,03 untuk kelas eksperimen dan sebesar 62,43 untuk kelas kontrol. rata-rata nilai posttest sebesar 83,3 untuk kelas eksperimen dan sebesar 73,43 untuk kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-tes) diperoleh thitung sebesar 11,17 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 adalah sebesar 1,67155, sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Kooperatif Tipe Group Investigation berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION, HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:05 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19089 |