Pengaruh LKS Berbasis Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA N 13 Padang.

Sari, Winda (2015) Pengaruh LKS Berbasis Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA N 13 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WINDA_SARI_1101398_1421_2015.pdf] Text
B1_5_WINDA_SARI_1101398_1421_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar fisika siswa di SMA N 13 Padang disebabkan siswayang belum menguasai konsep. Penyebabnya adalah siswa jarang melakukan praktikumdan LKS yang digunakan belum mengarahkan siswa untuk berpikir secara kreatif danmandiri, sehingga dibutuhkan LKS yang dapat mengarahkan siswa untuk berpikirkreatif dan mandiri. Salah jenis LKS yang dapat digunakan untuk mengatasipermasalahan tersebut adalah LKS berbasis Project Based Learning. Oleh karena itu,penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh LKS berbasisProject Based Learning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA N 13 Padangpada kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research)dengan rancangan penelitian berupa Randomized Control Group Only Design. Populasidalam penelitian ini adalah semua siswa pada kelas X di SMA N 13 Padang yangterdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel ditentukan melalui teknikPurposive Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhiruntuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap, dan lembarpenilaian unjuk kerja untuk kompetensi keterampilan. Data yang diperoleh dianalisisdengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kompetensi pengetahuan, nilai ratarata tes akhir kelas eksperimen adalah 77,03 sedangkan kelas kontrol 66,09. Padakompetensi sikap, nilai rata-rata kelas eksperimen menunjukkan sangat baik sedangkankelas kontrol baik. Pada kompetensi keterampilan, nilai rata-rata kelas eksperimenadalah 85,56 sedangkan kelas kontrol 81,28. Oleh karena itu, hipotesis kerja yangberbunyi ”terdapat pengaruh yang berarti penerapan LKS berbasis Project BaseLearning terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA N 13 Padang pada kompetensipengetahuan, sikap, dan keterampilan” dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Dengandemikian LKS berbasis Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar fisikasiswa pada kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS BERBASIS PROJECT BASED LEARNING, HASIL BELAJAR FISIKA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:03
Last Modified: 31 Jul 2025 02:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19082

Actions (login required)

View Item
View Item