Fitri, Ainil (2014) Peningkatan Hasil Belajar Soal Cerita Perbandingan dan Skala menggunakan Model PBL (Problem Based Learning) di Kelas V SD Negeri 05 Situjuah Batua Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AINIL_FITRI_54297_6145_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_AINIL_FITRI_54297_6145_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AINIL_FITRI_54297_6145_2014.pdf
Download (831kB)
Abstract
Berdasarkan pengamatan yang dilaksanakan pada tanggal 5 November 2013 ,menunjukkan bahwa hasil belajar soal cerita perbandingan dan skala yang diperoleh siswa rendah, karena soal cerita yang diberikan hanya berpaku pada buku pegangan, tanpa mengaitkan dengan kehidupannya Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan Model PBL (Problem Based Learning). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar soal cerita perbandingan dan skala dengan menggunakan model PBL di kelas V SD Negeri 05 Situjuah Batua Kabupaten Lima Puluh Kota.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas di bidang pengajaran soal cerita perbandingan dan skala dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini berkenaan dengan peningkatan proses pembelajaran soal cerita perbandingan dan skala kelas V SD. Penelitian ini dilakukan untuk dua siklus. Setiap siklus ada dua kali pertemuan terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penilaian RPP siklus I rata-rata 74,95% kriteria cukup meningkat Pada siklus II 94,63% kriteria sangat baik. Pengamatan aktivitas guru siklus I rata-rata 74,9% kriteria cukup meningkat pada siklus II 94,44% kriteria sangat baik. Pengamatan aktivitas siswa siklus I rata-rata 70,05% ktirteria cukup meningkat siklus II 91,65% kriteria sangat baik. hasil belajar siswa siklus I 67,92 kriteria cukup meningkat pada siklus II 85,60 kriteria baik. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran soal cerita perbandingan dan skala di kelas V SD Negeri 05 Situjuah Batua Kabupaten Lima Puluh Kota
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Perbandingan dan Skala, Model PBL (Problem Based Learning) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:02 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19076 |