Septiana, Lidya (2018) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 07 Silaing Bawah Kota Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_LIDYA_SEPTIANA_14129177_547_2019.pdf [thumbnail of final_B1_06_LIDYA_SEPTIANA_14129177_547_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_LIDYA_SEPTIANA_14129177_547_2019.pdf
Download (1MB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah model PBL dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan matematika siswa yang masih rendah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 07 Silaing Bawah kota Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental design dengan bentuk pretest-postest control group design. Penelitian dilakukan di kelas V SDN 07 Silaing Bawah Kota Padang Panjang , kelas IVA sebagai kelas Kontrol dan kelas IVB sebagai kelas Eksperimen yang masing-masing berjumlah 25 siswa. Instrument penelitian yang digunakan berupas tes tertulis dengan jenis pilihan ganda. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika Siswa. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan, diperoleh ttabel dan thitung sebesar 2,137 dan ttabel pada taraf kepercayaan 95 % (α = 0,05) dengan df= n1+n2-k (25+25-2=48) adalah sebesar 1,677. Sehingga dan thitung >ttabel (2,137>1,677).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL),HASIL BELAJAR MATEMATIKA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 02:02 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 02:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19073 |