Peningkatan Hasil Belajar Volume Kubus dan Balok dengan Pendekatan CTL di Kelas V SDN 10 Bandar Buat Kec. Lubuk Kilangan Kota Padang

Mardiah, Aina (2013) Peningkatan Hasil Belajar Volume Kubus dan Balok dengan Pendekatan CTL di Kelas V SDN 10 Bandar Buat Kec. Lubuk Kilangan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_AINA_MARDIAH_01361_3610_2013.pdf] Text
final_B1_6_AINA_MARDIAH_01361_3610_2013.pdf

Download (536kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran volume kubus dan balok di SDN 10 Bandar Buat Kec Lubuk Kilangan masih berpusat pada guru. Guru lebih mendominasi dalam pembelajaran. Saat menyampaikan materi, guru belum mengaitkan materi tersebut dengan fakta dalam kehidupan sehari-hari siswa sehingga belum tercapainya ketuntasan belajar minimal pada mata pelajaran ini. Adapun penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada pembelajaran volume kubus dan balok dengan menggunakan pendekatan CTL.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Alur penelitian berupa siklus yang terdiri dari 4 komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data penelitian adalah proses kegiatan pembelajaran volume kubus dan balok dengan pendekatan CTL di kelas V SDN 10 Bandar Buat Kec. Lubuk Kilangan Kota Padang. Data penelitian diperoleh dari subjek penelitian yaitu observer, peneliti, dan siswa kelas V SDN 10 Bandar Buat Kec. Lubuk Kilangan Kota Padang yang berjumlah 28 orang.
Hasil penelitian ini menggambarkan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil penelitian memperlihatkan penilaian RPP siklus I 80,36% meningkat pada siklus II menjadi 92,86%, aktivitas guru siklus I 78,57% meningkat pada siklus II menjadi 96,43%, aktivitas siswa I 75% meningkat pada siklus II menjadi 92,86%. Penelitian siklus II terlaksana jauh lebih baik dibandingkan dengan siklus I. Terbukti dari rata-rata hasil belajar siswa siklus I mencapai 74,14% meningkat pada siklus II menjadi 84,58%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran volume kubus dan balok menggunakan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 10 Bandar Buat Kec. Lubuk Kilangan Kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan CTL
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 31 Jul 2025 02:01
Last Modified: 31 Jul 2025 02:01
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19069

Actions (login required)

View Item
View Item