Jumiskar, Aida (2012) Peningkatan Perkembangan Membaca Anak melalui Permainan Kartu Gambar Buah di TK Negeri Pembina Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AIDA_JUMISKAR_51129_920_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_AIDA_JUMISKAR_51129_920_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AIDA_JUMISKAR_51129_920_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kelas B3 di Tk Negeri Pembina Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Pada kenyataannya di Tk Negeri Pembina Lubuk Sikaping pengetahuan anak tentang huruf dan abjad masih kurang serta minat baca anak yang masih rendah. Hal ini disebabkan kurang bervariasinya metode guru mengajar. Alat peraga yang digunakan guru masih kurang dan tidak memadai. Anak – anak dalam belajar menerima pelajaran dari guru kurang semangatnya dan cepat bosan. Guna mengatasi masalah ini penulis melakukan penelitian dengan maksud yaitu meningkatkan kemampuan membaca anak dengan menggunakan kartu gambar buah.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dengan cara bermain sambil belajar dengan menggunakan kartu gambar buah dapat meningkatkan perkembangan membaca anak pada kelompok B3 di Tk Negeri Pembina Lubuk Sikaping. Penelitian ini adalah penelitian tindakkan kelas dengan subyek penelitian anak kelompok B3 Tk Negeri Pembina Lubuk Sikaping pada tahun ajaran 2011 sebanyak 20 orang.
Data tentang kemampuan membaca anak dalam pembelajaran diperoleh dari lembar observasi yang dianalisis dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase kemampuan anak dalam perkembangan membaca anak pada permainan kartu gambar buah kategori nilai yang didapat oleh anak sebelum tindakkan masih rendah yaitu nilai rara-rata nya sebelum tindakkan atau pada kondisi awal hanya empat belas persen nilai baiknya. Pada Siklus I rata – rata nilai baik pada pertemuan ketiganya yaitu empat puluh persen Pada siklus II rata – rata nilai baik pada pertemuan ketiganya yaitu sembilan puluh empat persen Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak mengalami peningkatan dari sebelum tindakan sampai dilaksanakannya siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan permaian kartu gambar buah dalam pembelajaran membaca dapat meningkatkan perkembangan membaca anak
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membaca, Kartu Gambar Buah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LT Textbooks Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 10:23 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 10:23 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19035 |