Peningkatan Hasil Belajar Menghitung Luas Bangun Datar Dengan Pendekatan Konstruktivis di Kelas V SDN 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto tangah Padang

Asari, Aida (2012) Peningkatan Hasil Belajar Menghitung Luas Bangun Datar Dengan Pendekatan Konstruktivis di Kelas V SDN 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto tangah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_AIDA ASARI 95477_2374_2012.pdf] Text
final_B1_6_AIDA ASARI 95477_2374_2012.pdf

Download (869kB)

Abstract

Pembelajaran menghitung luas bangun datar pada siswa SDN 14 Kampung Jambak Kec Koto Tangah Kota Padang masih terfokus pada guru. Guru langsung memberikan rumus yang terdapat dalam buku paket, dan melanjutkan dengan latihan yang terdapat dalam buku paket. Guru tidak mengaktifkan pengetahuan yang telah dimiliki siswa dan siswa jarang sekali ,bahkan tidak pernah diajak untuk mencari dan menemukan sendiri rumus dari bangun datar tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar menghitung luas bangun datar dengan pendekatan konstruktivis di kelas V SD N 14 Kampung Jambak Kecamatan Koto Tangah Padang.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran matematika melalui pendekatan Konstruktivis di kelas V SDN 14 Kampung Jambak Padang. Konstruktivisme memberikan kesempatan pada siswa untuk mengaktifan pengetahuan lamanya dan mencari sendiri rumusnya. Subjek peneliti terdiri dari siswa kelas V SDN 14 Kampung Jambak yang berjumlah sebanyak 25 orang. Prosedur penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksanaan 3) pengamatan 4) refleksi.
Hasil penelitian yang dilakukakan persentase rata-rata kelas hasil belajar siswa pada siklus I dengan materi menghitung bangun datar adalah 56% pada siklus 2 materi yang sama adalah 92%.. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivis dapat meningkatkan hasil belajar menghitung luas bangun datar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Konstruktivis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 30 Jul 2025 10:20
Last Modified: 30 Jul 2025 10:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19025

Actions (login required)

View Item
View Item