Asmenti, Risa (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_Risa_ Asmenti_11910_5182_2013.pdf [thumbnail of final_B1_06_Risa_ Asmenti_11910_5182_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_Risa_ Asmenti_11910_5182_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran IPS di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Pakan Sinayan kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam masih didominasi oleh guru dan jarang menggunakan model pembelajaran yang inovatif dalam proses pembelajaran. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS yang tidak sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Pakan Sinayan kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 09 Pakan Sinayan kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam dengan jumlah siswa 24 orang, yang terdiri dari 11 orang perempuan dan 13 orang laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa pada akhir setiap siklus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa a) perencanaan siklus I 76,78% dan siklus II 87,49% dan, b) pelaksanaan siklus I aspek guru 76,85% dan siklus II 90,38% dan aspek siswa siklus I 75,06% dan siklus II 86,53% c) Hasil Belajar siswa siklus I dengan rata-rata 69,20 dan siklus II meningkat menjadi 80,08. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 09 Pakan Sinayan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar siswa, Pembelajaran IPS, Model Cooperative Learning. |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 09:59 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 09:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19021 |