Arasy, Ahsani (2018) Penerapan Metode Pembelajaran Pemodelan pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas VIII 5 di SMP Negeri 10 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_AHSANI_ARASY_14023036_4019_2018.pdf [thumbnail of final_B1_6_AHSANI_ARASY_14023036_4019_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_AHSANI_ARASY_14023036_4019_2018.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran pemodelan pada kompetensi dasar memainkan alat-alat musik tradisional secara berkelompok di kelas VIII 5 SMP Negeri 10 Padang.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian adalah siswa kelas VIII5 yang mempelajari pelajaran seni budaya. Penelitian tindakan kelas ini di lakukan melalui 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa teknik yaitu teknik observasi dan tes hasil belajar. Prosedur pengolahan data dilakukan dengan cara seleksi data dan presentase data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode pembelajaran pemodelan pada mata pelajaran seni budaya (musik) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini sesuai dengan data hasil belajar siswa pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 yang meningkat. Penggunaan metode pembelajaran pemodelan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya (musik) di kelas VIII 5 SMP Negeri 10 Padang. Dan dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran, Seni Budaya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 09:56 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 09:56 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19001 |