Irnamaini, Irnamaini (2012) Peningkatan kemampuan Berbicara Anak Melalui Penggunaan Media Gambar Seri di Taman Kanak kanak Islam Jihad Padangpanjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_IRNAMAINI_08406_347-2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_IRNAMAINI_08406_347-2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_IRNAMAINI_08406_347-2012.pdf
Download (299kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan di kelompok B3 TK Islam Jihad Padang Panjang, dalam kenyataan yang peneliti lihat bahwa kemampuan berbicara anak kurang maksimal. Hal ini disebabkan kurangnya keberanian anak dalam berbicara sehingga kegiatan percakapan dalam pembelajaran anak belum optimal. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak dalam kegiatan percakapan, adalah dengan penggunan media gambar seri. Rumusan dalam masalah ini adalah apakah dengan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak di kelompok B3 TK Islam Jihad Padangpanjang. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah media gambar seri ini dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak pada kelompok B3 di TK Islam Jihad Padang Panjang. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian anak kelompok B3 TK Islam Jihad Padang Panjang 2011/2012 sebanyak 12 orang anak yang terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Data tentang kemampuan berbicara anak dalam pembelajaran diperoleh dari lembar observasi yang dianalisis dengan persentase.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata persentase kemampuan anak dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media gambar seri aktivitas kategori anak Sangat Tinggi sebelum tindakan adalah lebih rendah dari setelah tindakan setelah siklus I peningkatan kemampuan berbicara anak masih belum memenuhi standar ketuntasan dan setelah siklus II terjadi peningkatan sehingga tujuan dari peningkatan berbicara mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah di tetapkan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media gambar seri, Anak usia dini, Pembelajaran berbicara. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 09:55 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 09:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18992 |