Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan pendekatan Cooperatif Learning tipe Make A Match di kelas V SD Negeri 05 Serasi Kecamatan Rao Selatan

Syarif, Ahmad (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Menggunakan pendekatan Cooperatif Learning tipe Make A Match di kelas V SD Negeri 05 Serasi Kecamatan Rao Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_AHMADI_SYARIF_1108211_368_2014.pdf] Text
final_B1_6_AHMADI_SYARIF_1108211_368_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran IPS di Kelas V SDN 05 Serasi Kecamatan Rao Selatan, guru masih mendominasi proses pembelajaran dan belum mampu melibatkan partisipasi siswa secara langsung. Kondisi tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Oleh karena itu dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan Model Cooperative Learning tipe Make A Match di Kelas V SDN 05 Seari Kecamatan Rao Selatan pada materi menghargai keragaman sukku bangsa dan budaya di Indonesia.
Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif, sedangkan Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang hasil pengamatan terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa pada akhir setiap pertemuan dalam tiap siklus. H
asil penelitian menunjukkan bahwa: a) Perencanaan siklus I dengan rata-rata 78,55%, dan siklus II 92,85%, b) Pelaksanaan pembelajaran siklus I aspek guru dengan rata-rata 76,92%, dan siklus II 88,46%, dan aspek siswa siklus I dengan rata-rata 69,23% dan siklus II 88,46%, c) hasil belajar siswa siklus I dengan rata-rata 85,25% dan siklus II dengan rata-rata 90,75. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri 05 Serasi Kecamatan Rao Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, model Cooperatif Learning tipe Make A Match.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 30 Jul 2025 09:54
Last Modified: 30 Jul 2025 09:55
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/18987

Actions (login required)

View Item
View Item